Strategi Marketing Bengkel Mobil Ala McDonald

McDonald tidak dipungkiri lagi  merupakan restoran waralaba makanan cepat saji yang sudah mendunia. Restoran ini sudah hadir hampir di semua negara di dunia, mulai dari kota-kota besar sampai ke pelosok daerah.

McDonald merupakan salah satu contoh bisnis yang paling sukses di dunia.
Dengan melihat logo huruf "M" ciri khas restoran tersebut, orang sudah dapat  membayangkan kenyamanan bersantap di restoran tersebut.

McDonald tidak mencapai kesuksesan tersebut dalam waktu satu malam, hal itu dapat dicapai karena McDonald merupakan merek yang secara konsisten mempromosikan kenyamanan pada para pelanggannya.

Hal ini merupakan strategi marketing yang dapat ditiru untuk pengembangan bisnis bengkel mobil.

Strategi  Marketing Bengkel Mobil Ala McDonald
Strategi  Marketing Bengkel Mobil Ala McDonald



Bayangkan pada suatu malam Anda berkendara di jalan bebas hambatan saat bepergian ke luar kota. Malam telah larut, seluruh anggota keluarga merasa lapar karena sudah berkendara selama beberapa jam lamanya.

Anda tidak familiar dengan daerah tersebut.

Namun Anda dan seluruh anggota keluarga lainnya sepakat untuk keluar dari jalan tol dan mencari makan malam.

Saat Anda keluar dari pintu tol, tampak sederet pertokoan dengan lampu-lampu yang masih menyala dengan terang.

Saat mulai mendekati pertokoan tersebut tampaklah dua buah restoran: Mc Donald dan restoran sejenis dengan merk yang tidak Anda kenal, sebut saja chicken fried.

Hanya dua restoran tersebut yang ada...!!

Kira-kira, restoran mana yang akan Anda pilih...??

Kebanyakan orang pasti akan segera mengarahkan mobilnya ke restoran Mc Donald tersebut.

Mungkin beragam alasan yang akan didapatkan jika diajukan pertanyaan: Mengapa sebagian orang akan memilih McDonald dibandingkan restoran cepat saji yang tidak dikenal tersebut..?

Mungkin salah satu alasan yang paling sangat menarik adalah, image kwalitas pelayanan dan produk McDonald yang baik sudah sangat tertananm di benak para pelanggannya.

McDonald telah melakukan investasi baik dari segi waktu dan biaya untuk membangun image merk restorannya dan secara konsisten menjaga kwalitas layanan dan produknya.

Pelanggan yang sudah pernah ke restoran McDonald sebelumnya tahu persis bahwa ia akan mendapatkan kwalitas pelayanan dan produk yang sama seperti yang pernah dirasakan sebelumnya.

Pelanggan mengetahui bahwa semua gerai McDonald akan memberikan standard pelayanan dan harga yang sama.

Sedangkan restoran yang tidak terkenal tersebut...??

Ia tidak tahu.

Bisa lebih baik atau bisa lebih buruk. Tapi manusia cenderung akan memilih apa yang sudah dia kenal atau pernah rasakan.

Hal itu akan menimbulkan rasa nyaman bagi pelanggan, orang akan merasa nyaman dan aman terhadap sesuatu yang mereka sudah ketahui atau pada sesuatu yang dapat diprediksi.

Lalu, apa yang bisa diterapkan dari strategi McDonald pada bisnis bengkel mobil..?

Sesuatu yang dapat kita pelajari dari kesuksesan restoran McDonald adalah strategi marketing dengan cara menjaga konsistensi pelayanan.

Memberikan pelayanan berkwalitas secara konsisten kepada setiap pelanggan bengkel akan menumbuhkan alasan kuat bagi pelanggan untuk kembali lagi diwaktu yang akan datang.


Tapi kan bengkel mobil saya tidak menggunakan sistem waralaba seperti halnya McDonald..?

Ya, memang kebanyakan bisnis bengkel mobil tidak atau belum menerapkan sistem wara laba, sebagian besar merupakan usaha kecil yang bersifat lokal.

Model bisnis bengkel mobil yang bersifat lokal memang berbeda, dimana pengusaha bengkel berusaha membina dan menjaga hubungan dengan pelanggannya.

Namun meskipun usaha bengkel mobil Anda tidak berskala nasional yang menyebar sampai ke pelosok, setidaknya nama bengkel Anda harus dikenal di lingkungan komunitas Anda.

Pengusaha bengkel mobil harus mampu membangun image bengkelnya, dimana pelanggan dapat merasakan konsistensi kwalitas pelayanan yang akan membuat pelanggan merasa nyaman berbisnis dengan Anda. Ini merupakan  strategi marketing untuk mencapai sukses.


Pelanggan datang ke bengkel Anda bukan karena ia lapar dan mencari makanan untuk mengisi perutnya.  Mereka datang karena ada masalah pada mobilnya atau sudah waktunya melakukan perawatan berkala.

Kebanyakan  orang sangat tergantung pada kendaraannya untuk beraktivitas, dan membawa mobil ke bengkel tentu saja dapat mengganggu aktivitas mereka. Hal ini merupakan salah satu kerisauan hampir setiap pemilik mobil.

Sebagai pngusaha bengkel, wajib untuk memahami hal tersebut dan mencari jalan untuk mengurangi kerisauan pelanggan tersebut. Berikan pengalaman posistif yang berbekas di benak pelanggan sehingga kemungkinan mereka kembali ke bengkel Anda menjadi lebih besar.

Pengalaman positif yang tertanam di dalam pikiran pelanggan terhadap suatu pelayanan atau produk merupakan elemen penting kesuskesan setiap bisnis.

Namun apakah semua pengusaha bengkel mobil sudah memahami betul dampak dari konsistensi pelayanan disetiap langkah untuk menanamkan pengalaman positif di benak pelanggan...?

Bagaimana pelayanan yang konsisten dapat menciptakan  rasa nyaman dan rasa aman pada pelanggan..?


Sapalah semua pelanggan dengan cara yang sama.

Jawablah semua panggilan telepon dengan cara yang sama.

Kwalitas pelayanan dan perbaikan di bengkel harus berlangsung secara konsisten..!!


Contoh sederhana,
Lupa memberikan gantungan oli atau lupa mereset service reminder setelah melakukan perawatan berkala dapat menimbulkan kekecewaan pelanggan dan membuat pelanggan mempertanyakan kwalitas layanan bengkel Anda yang memberikan dampak negatif pada pengalaman pelanggan .

Strategi marketing tidak hanya bagaimana Anda dapat memberikan pelayanan yang berkwalitas dan berkesan di mata pelanggan, tapi bagaimana Anda dapat melakukan hal tersebut secara konsisten.

Strategi ini akan menghilangkan keraguan pelanggan dan meningkatkan kepercayaan pelanggan yang akan memberikan dampak pada keberlangsungan bisnis bengkel. Suatu saat lampu peringatan service mobil pelanggan Anda menyala, maka tanpa ragu lagi ia akan membawa mobilnya ke bengkel Anda.


Dengan memberikan pengalaman poistif pada pelanggan secara konsisten dan terus menerus maka akan menciptakan rasa nyaman dan aman pada benak pelanggan berhubungan dengan bengkel Anda.

Strategi sederhana ini akan meningkatkan kemungkinan pelanggan akan selalu kembalii ke bengkel Anda untuk setiap kebutuhan menyangkut mobilnya. Inilah rahasia kesuksesan McDonald.


Coba bayangkan ilustrasi berikut. Saat pelanggan sedang mengendarai mobilnya untuk bekerja pada hari senin pagi, lampu peringatan servisnya menyala.

Selain pernah ke bengkel Anda, pelanggan ini juga sudah pernah melakukan perawatan berkala pada bengkel dealer resmi dan pada bengkel khusus ganti oli.

Ia tahu mobilnya membutuhkan perawatan...

Kemana ia akan membawa mobilnya untuk mengganti oli..?

Apakah ia akan membawa  mobilnya ke bengkel Anda..?

Atau ia akan membawa mobilnya ke bengkel dealer resmi atau bengkel khusus ganti oli...?

Keputusannya yang akan diambil sangat tergantung pada pengalaman yang ia rasakan sebelumnya.

Bengkel yang mampu menanamkan pengalaman paling berkesan kemungkinan akan dipilih untuk melakukan perawatan mobilnya.

Dan saya harap itu adalah bengkel Anda....


Salam AOI...


0 Response to "Strategi Marketing Bengkel Mobil Ala McDonald"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel