10 Perlengkapan Yang Dibutuhkan Untuk Memulai Usaha Bengkel Mobil

Hampir sebagian besar cita-cita para teknisi otomotif yang profesional adalah membuka bengkel sendiri. Namun untuk menjalankan suatu bengkel  yang akan dapat menghasilkan keuntungan tidak cukup dengan bermodalkan kemampuan teknik yang baik saja.

Untuk dapat menjalankan usaha bengkel perbaikan mobil dibutuhkan beberapa perlengkapan yang akan mempermudah melakukan perbaikan mobil pelanggan dengan cepat dan kwalitas yang baik.


Kapan waktu yang tepat memulai usaha dan membeli perlengkapan bengkel..?


Setelah lulus dari sekolah kejuruan atau kursus otomotif, langkah yang paling tepat adalah bekerja terlebih dahulu pada bengkel orang lain sebagai mekanik untuk mengasah skil dan memperoleh pengalaman. Hal ini juga akan memberikan waktu agar dapat mengumpulkan uang sedikit demi sedikit untuk membeli perlengkapan yang dibutuhkan dalam mengoperasikan bengkel Anda sendiri nantinya.


Perlengkapan bengkel otomotif yang dibutuhkan agar dapat memulai usaha :


CATATAN :
Perlengkapan bengkel yang dimaksud dibawah ini tidak termasuk hand tools yang dibutuhkan untuk melakukan perbaikan kendaraan serta alat diagnosa berupa scantool yang sudah merupakan kewajiban agar dapat melakukan perbaikan pada kendaraan-kendaran modern saat ini 


1. Air compressor

Air Compressor 500L 7.5KW 10HP 380V Belt Drive Fixed Reciever
Air Compressor 500L 7.5KW 10HP 380V Belt Drive Fixed Reciever 


Anda akan sangat membutuhkan sebuah air compressor yang akan digunakan untuk mengoperasikan berbagai tools di dalam bengkel seperti pneumatic tool dan car lift.
Air compressor juga dibutuhkan dalam proses perbaikan seperti untuk menyemprot filter udara dll.

Pilih air compressor dengan kapasitas yang besar yang mencukupi kebutuhan mengoperasikan bengkel Anda. Sebagai contoh pilih air compressor dengan kapasitas 200 - 500 liter.



2. Jack, jack stand, dan pole jack

Bengkel otomotif pasti akan sangat membutuhkan alat untuk menaikkan dan mengganjal mobil saat dikerjakan.
Floor Jack 2 Ton
Floor Jack 2 Ton


Floor jack yang kuat akan sangat berguna dalam melakukan perbaikan-perbaikan regular pada mobil. Pilih jack berkwalitas baik dengan kapasitas yang besar untuk memastikan keamanan saat digunakan untuk mengangkat dan mengganjal mobil saaat melakukan perbaikan.
10 Peralatan Utama Bengkel Otomotif
Jackstand


Pole jack sangat berguna untuk menahan komponen axle dan lainnya saat mobil sedang dinaikkan.

10 Peralatan Utama Bengkel Otomotif
Pole jack


3. Oil drain dan oil caddy

Pekerjaan perawatan rutin seperti penggantian oli  mesin dan transmisi membutuhkan oil caddy dengan kapasitas yang besar untuk menampung oli yang dikuras.

Saat bengkel Anda semakin berkembang dan  Anda menggunakan car lift untuk  melakukan penggantian oli maka dibutuhkan oil caddy yang dapat disetel sesuai dengan ketinggian kendaraan yang sedang diangkat di car lift, hal ini akan sangat mempermudah dan mempercepat proses pekerjaan tersebut.



4. Battery charger dan jumper

Battery charger dan jumper
Battery Charger

Banyak pekerjaan di bengkel yang akan berhubungan dengan baterai  soak atau masalah pada sistem pengisian. Maka bengkel akan sangat membutuhkan sebuah battery charger dan jumper yang bagus untuk dapat mengatasi masalah tersebut.



5. Engine hoist

10 Peralatan Utama Bengkel Otomotif
Engine Hoist

Jika bengkel Anda memberikan layanan pekerjaan berat seperti overhaul mesin yang mengharuskan melepaskan mesin dari mobil, maka Anda harus memiliki sebuah engine hoist yang dapat mengangkat mesin keluar dari rangka mobil.

Pastikan membeli engine hoist yang dapat mengangkat mesin paling berat yang mungkin akan Anda tangani.



6. Strut compressor


10 Peralatan Utama Bengkel Otomotif
Strut compressor

Sebuah strut compressor akan sangat berguna ketika akan melepaskan strut shock absorber atau saat memperbaiki sistem suspensi.

Dengan memiliki alat ini akan menambah kemampuan bengkel dalam melakukan perbaikan kendaraan yang tentu saja akan berdampak pada meningkatnya keuntungan bengkel.




7. Air conditioning machine


10 Peralatan Utama Bengkel Otomotif
Air conditioning machine

Jika bengkel yang akan dirikan juga akan melayani perbaikan sistem AC maka memiliki alat ini akan memberi keuntungan yang cukup besar.

Dengan alat ini Anda akan mampu melakukan perbaikan sistem AC dengan cepat dan tepat. Alat ini mempunyai kemampuan recovery, recycling dan recharging system AC.



8.Press machine

10 Peralatan Utama Bengkel Otomotif
Press machine

Alat ini sangat berguna karena banyak sekali pekerjaan di bengkel yang berhubungan dengan melepas atau memasang bushing, bearing membengkokkan besi dan banyak lagi.



9. Transmission jack

10 Peralatan Utama Bengkel Otomotif
Transmission jack

Pekerjaan melepas dan memasang transmisi akan sangat tertolong dengan menggunakan alat ini . Alat ini mempunyai berbagai fitur dan kapasitas bebannya, pilihlah yang paling sesuai dengan jenis kendaraan yang Anda paling banyak kerjakan.


10. Brake lathe

10 Peralatan Utama Bengkel Otomotif
Brake lathe

Saat melakukan pekerjaan sistem rem seringkali diperlukan melakukan pembubutan permukaan brake disc atau brake drum.

Dengan mempunyai alat ini sendiri maka Anda dapat melakukan pekerjaan pembubutan itu sendiri dan tidak perlu mengirimkannya ke bengkel bubut yang jika itu dilakukan akan memotong keuntungan yang seharusnya masuk ke bengkel Anda.

Pastikan membeli alat dengan kwalitas yang baik agar lebih awet.



Perlengkapan bengkel tambahan yang mungkin dibutuhkan saat bengkel semakin berkembang


Car lift

10 Peralatan Utama Bengkel Otomotif
Car lift

Banyak sekali pekerjaan perawatan dan perbaikan mobil yang harus dilakukan pada bagian bawah mobil, dengan memiliki car lift pekerjaan-pekerjan tersebut tentu saja dapat dilakukan dengan cepat dan akurat yang tentu saja akan meningkatkan produktifitas bengkel.



Workbench with vise

Workbench with vise

Memperbaiki komponen-komponen  mobil akan lebih nyaman dilakukan pada work bench.
Belilah meja kerja yang kuat dan mampu menampung bagian komponen mobil yang berat seperti transmisi.


Mulailah mencicil untuk membeli perlengkapan bengkel satu per satu

Mengingat harga perlengkapan bengkel tersebut sangat mahal harganya maka alangkah baiknya Anda mulai mencicil membelinya satu persatu mumpung Anda masih bekerja pada orang lain.

Nanti jika saatnya sudah tiba Anda memutuskan mendirikan bengkel sendiri sebagian perlengkapan tersebut sudah ada dan tidak akan memberatkan modal awal saat mendirikan bengkel.

Sudahkah Anda memeliki perlengkapan bengkel diatas...??

.

0 Response to "10 Perlengkapan Yang Dibutuhkan Untuk Memulai Usaha Bengkel Mobil"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel