9 + 1 Cara Cepat dan Murah Meningkatkan Pelanggan Bengkel Mobil

Seperti kita ketahui bersama bahwa setiap usaha memerlukan strategi marketing yang tepat agar dapat meraih sukses. Bagi perusahaan-perusahaan besar yang sudah mapan, menyisihkan sebagian keuntungan untuk keperluan promosi dan marketing bukan merupakan masalah yang besar.

Namun bagi usaha kecil seperti bengkel mobil mandiri yang baru mulai merintis usahanya dan memiliki keterbatasan modal tentu harus  berpikir secara kreatif  bagaimana cara mempromosikan usaha bengkel tersebut secara efektif dan dengan biaya yang semurah mungkin.

Berikut ini ada beberapa tips promosi dan marketing untuk meningkatkan jumlah pelanggan bengkel dengan cara yang cepat dan murah.

Pastikan Anda mencoba setiap tips satu persatu dan lakukan analisa metode mana yang memberikan dampak paling signifikan pada perkembangan bengkel Anda.


9 + 1 Cara Cepat dan Murah Meningkatkan Pelanggan Bengkel Mobil
Happy customer good for yours Business


9 + 1 Cara Cepat dan Murah Meningkatkan Pelanggan Bengkel Mobil


1. Membuat Blog/Website Bengkel 

Tidak dipungkiri lagi bahwa saat ini teknologi internet merupakan salah satu alat promosi usaha yang sangat "powerfull"  jika diterapkan dengan metode yang tepat.

Salah satu cara yang  bisa digunakan untuk mempromosikan usaha bengkel adalah dengan membuat blog atau website usaha bengkel Anda.

Saat ini pembuatan blog atau website bukanlah merupakan sesuatu yang sulit, Anda tidak perlu menjadi seorang ahli IT yang memahami bahasa pemrograman agar dapat membuat blog atau website usaha Anda.

Dengan sedikit kemauan belajar maka blog atau website usaha bengkel dapat dilakukan sendiri yang tentu saja akan jauh lebih murah dibandingkan dengan menyewa jasa seorang web designer untuk membuatnya.

Untuk usaha bengkel mandiri saya rasa menggunakan platform gratis seperti blogspot atau wordpress sudah cukup, namun agar terlihat lebih profesional sebaiknya anda menggunakan domain .com atau .co.id untuk nama blog bengkel Anda.


Biaya yang diperlukan untuk membuat blog atau website dengan kedua platform diatas juga terbilang murah, hanya sekitar 150.000 rupiah selama satu tahun untuk membeli sebuah nama domain yang anda inginkan sebagai trademark usaha bengkel Anda.

Harga yang sangat  murah untuk sebuah media promosi dengan jangkauan yang luas dan bekerja 24 jam sehari selama sepanjang tahun tanpa ada libur...!!!

Blog atau website tersbut dapat diisi dengan artikel dokumentasi perbaikan mobil-mobil yang masuk ke bengkel Anda. Buatlah ulasan singkat mengenai masalah yang terjadi pada mobil, penyebab kerusakan dan langkah perbaikan yang dilakukan, tidak perlu terlalu panjang, 250 kata saja sudah cukup.

Dengan sering posting artikel pada blog ada dua hal yang bisa didapatkan.

Pertama akan membuat usaha bengkel Anda muncul pada halaman teratas mesin telusur Google jika ada orang yang sedang memasukkan kata kunci pencarian seperti "bengkel mobil terdekat..", atau kata kunci seperti "bengkel mobil specialis....".

Ingat..!! saat ini mesin pencarian Google adalah yang paling diandalkan oleh orang untuk mencari tentang hal apapun, sehingga dengan munculnya bengkel Anda pada halaman teratas mesin telusur Google maka peluang untuk mendatangkan pelanggan baru tentu semakin terbuka luas.

Kedua, dengan mempunyai blog atau website akan meningkatkan  brand image usaha bengkel Anda atau diri Anda secara pribadi sebagai pemilik bengkel.

Melalui informasi pada blog tersebut calon pelanggan dapat melihat tipe-tipe mobil yang  masuk ke  bengkel Anda,  dimana hal tersebut akan meningkatkan "TRUST" calon pelanggan untuk melakukan perbaikan di bengkel Anda.


2. Social Media (Facebook, Twitter, Instagram)

Ketiga social media diatas merupakan yang paling populer dan paling penting saat ini, fokuslah terlebih dahulu untuk memaksimalkan social media tersebut sebagai ajang promosi.

Jadi setelah anda selesai membuat blog luangkan sedikit waktu untuk membuat Facebook fan page,  Twitter page dan akun Instagram. Ketiganya sangat mudah untuk dibuat dan hanya membutuhkan waktu sekitar satu atau dua jam untuk membuatnya.

Jika akun ketiga social media tersebut telah selesai dibuat maka gunakan untuk membagikan artikel perbaikan yang sudah dibuat pada blog bengkel Anda. 
Dengan cara tersebut maka Anda akan dapat menjangkau orang atau calon pelanggan lebih banyak lagi.

Satu lagi hal yang penting,  lakukan interaksi dengan para follower pada ketiga social media tersebut untuk meningkatkan loyalitas follower dan menambah jumlah follower yang ujungnya akan meningkatkan KEPERCAYAAN pada usaha bengkel Anda.



3. Email Newsletter

Buat akun pada mailchimp.com dan tautkan dengan blog atau fan page Facebook. Pembuatan akun mailchimp gratis untuk pertama kali dan hal ini akan sangat berarti karena email marketing merupakan salah satu strategi pemasaran yang terbaik saat ini.

Sebagai syarat untuk dapat sign up ke blog Anda dan dapat mengakses artikel didalamnya, tawarkan  pada pengunjung blog opsi mereka mau menerima  newsletter seperti " sign up to our news letter and receive a free oil change.


4. Reminder Penggantian oli dan Pemeriksaan Kendaraan 

Pastikan untuk selalu menjaga pelanggan yang ada sekarang dengan mengirimkan email atau SMS reminder tentang penggantian oli atau pemeriksaan kendaraan gratis.

Mailchimp.com yang versi berbayar  memberikan layanan message reminder yang akan mengirimkan pesan ke pelanggan Anda secara otomatis  setiap dua bulan atau lebih untuk mengingatkan pelanggan agar melakukan pemeriksaan kendaraan ke bengkel.

Anda hanya cukup sekali saja menuliskan email reminder tersebut  kemudian tambahkan alamat email pelanggan dan selanjutnya software dengan otomatis akan mengirimnya secara berkala.



5. Online Review 

Mintalah pelanggan Anda untuk memberikan review  pada social media Anda seperti Fanpage Facebook.

Hal ini merupakan sesuatu yang sangat bernilai sekali dan akan memberikan pengaruh besar kepada orang lain yang membacanya.



6. Lakukan Follow Up Kepada Pelanggan Lama 

Online marketing memang sangat berdampak untuk mendapatkan pelanggan baru, namun jangan sampai lupa untuk menjaga loyalitas pelanggan yang telah Anda dapatkan sebelumnya.

Hubungi pelanggan lama Anda secara berkala walau hanya untuk sekedar menanyakan kabar dan memastikan kondisi mobilnya tidak bermasalah dan tawarkan untuk melakukan pemeriksaan gratis di bengkel Anda.


7. Kirimkan Kartu Ucapan Hari Raya atau Hari Libur Kepada Pelanggan 

Musim libur panjang seperti hari raya idul fitri dan natal merupakan saat yang tepat untuk mengirimkan pesan kepada pelanggan bahwa bengkel Anda tetap siap melayani mereka menjelang atau selama musim libur tersebut.

Kirimkanlah kartu ucapan hari raya dalam bentuk yang menarik dan berisi informasi tentang layanan dan paket promosi yang Anda tawarkan menjelang hari raya.
.

8. Membangun  Jaringan Promosi Dengan Jenis Usaha Lain 

Saya yakin didaerah tempat Anda mendirikan bengkel juga banyak sekali berdiri jenis usaha lain seperti restoran, hotel perumahan dll.

Jalinlah kerja sama dengan mereka untuk mempromosikan usaha bengkel Anda serta sebaliknya. Bentuk kerja samanya dapat didiskusikan sesuai dengan kebutuhan masing-masing namun yang pasti harus memberikan keuntungan kepada kedua belah pihak.

Buatlah sebuah brosur promosi dan mintalah ijin untuk menaruhnya pada tempat-tempat usaha tadi dan sebaliknya mereka juga boleh menaruh brosur promosi usaha mereka di bengkel Anda.

Anda juga dapat membuat kupon diskon jika ada orang yang bertransaksi di tempat usaha partner kerja sama Anda maka orang tersebut akan mendapatkan kupon diskon sekian persen saat melakukan perbaikan di bengkel Anda. Begitu juga sebaliknya dapat dilakukan pada tempat usaha dimana telah terjalin kerja sama.

Salah satu contoh penerapan cara ini adalah toko ban dan tempat cuci mobil yang saling mempromosikan satu sama lain dengan meletakkan brosur promosi di tempat masing-masing.

Dengan cara tersebut  mereka dapat saling membatu mendapatkan pelanggan baru  dan membuat kupon diskon yang dapat digunakan pada kedua tempat tersebut.


9. Menyebar Brosur

Brosur yang sama Anda letakkan pada tempat usaha partner kerja sama  juga bisa disebar di lingkungan sekitar tempat usaha bengkel Anda .

Anda bisa membayar anak-anak sekolah diwaktu luangnya untuk menyebarkan atau memberikan brosur tersebut kepada para pengendara di perempatan lampu merah atau dengan menyelipkannya di wiper kaca depan mobil di area parkir mall atau sejenisnya.

Mungkin cara ini tidak akan mendatangkan pelanggan baru yang banyak, namun setidaknya satu dua orang akan ada yang tertarik datang ke bengkel Anda.


Terakhir....


9 + 1. Promosi Dari Mulut Ke Mulut


Mengapa artikel ini saya beri judul 9 + 1 Cara cepat dan murah menambah Pelanggan bengkel mobil...?

Karena 9 cara promosi sebelumnya yang dibahas diatas merupakan metode promosi yang dapat Anda rancang dan lakukan sesuai dengan keinginan Anda.

Namun metode promosi yang terakhir ini tidak sepenuhnya tergantung pada Anda, hal ini hanya dapat terjadi setelah pelanggan datang ke bengkel Anda, merasakan pelayanan Anda.

Jika mereka puas maka metode promosi ini akan bekerja dan hasilnya paling efektif diantara metode yang lain.

Oleh karena itu....


Pastikan setiap pelanggan yang datang dan melakukan perbaikan di bengkel Anda SANGAT PUAS, dan berikan informasi yang jelas dan detail tentang kondisi mobil mereka.

Setiap pelanggan yang keluar dari bengkel dengan tingkat kepuasan yang tinggi merupakan alat promosi yang paling sempurna dan efektif.

Mereka akan menceritakan pengalaman mereka melakukan perbaikan di tempat Anda kepada setiap kenalan mereka dan biasanya orang akan lebih percaya dari testimoni seperti itu apalagi jika diceritakan oleh orang dekat mereka sendiri.

Namun begitu pula sebaliknya setiap kekecewaan pelanggan yang tidak anda tangani dengan baik merupakan ancaman serius untuk usaha bengkel Anda.

Jadi pastikan setiap pelanggan yang keluar dari bengkel Anda merasa PUAS dan berkata WOW atas pelayanan Anda ..


Apakah Anda mempunyai strategi promosi yang lain...???




0 Response to "9 + 1 Cara Cepat dan Murah Meningkatkan Pelanggan Bengkel Mobil"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel