Bagaimana Agar Bengkel Dapat Bersaing Tanpa Banting Harga

2:50 PM
Persaingan usaha bengkel mobil khususnya di kota besar saat ini sudah sangat ketat, para pelanggan mempunyai pilihan yang lebih banyak untuk memperbaiki mobilnya baik di bengkel resmi, bengkel umum ataupun dengan menggunakan jasa mekanik freelace yang lebik fleksible.

Dengan banyaknya pilihan tersebut maka faktor harga juga akan menjadi salah satu dasar pelanggan menentukan pilihan dimana mereka akan memperbaiki mobilnya.

Bagaimana Agar Bengkel Dapat Bersaing
YES.......I Win Because I Can Different


Bagaimana agar kita dapat bersaing dengan kompetitor kita tanpa melakukan perang harga...?


Alasan pelanggan datang ke bengkel kita sangat sederhana dan jelas. Ada masalah pada mobil mereka dan ingin kita menyelesaikan masalah tersebut dengan baik dan cepat.

Pelanggan cenderung tidak peduli segala daya dan upaya yang kita lakukan dan tidak melihat nilai lebih dari pekerjaan kita lakukan dibandingkan dengan bengkel yang lain.

Pelanggan tidak melihat investasi perlengkapan bengkel yang kita lakukan, biaya training untuk pengembangan skil mekanik ataupun mengenai harga komponen dan gaji mekanik yang harus kita keluarkan.


Jadi, apa yang menjadi perhatian pelanggan....???

Biaya perbaikan....!!!

Ya, itu mungkin yang  lebih diperhatikan pelanggan. Apakah harga yang kita berikan lebih murah atau lebih mahal dari bengkel yang lain.



Jika sama atau lebih mahal dengan bengkel yang lain, pelanggan mungkin akan mulai berpikir kenapa lebih mahal...?  dan apa nilai lebih yang saya peroleh dengan membayar lebih mahal.?

Jika pelanggan tidak dapat merasakan nilai lebih dari pekerjaan kita maka mereka pastinya tidak rela untuk membayar lebih mahal.


Oleh karena itu sudah menjadi tugas kita untuk menunjukkan kepada pelanggan agar mereka dapat melihat dan merasakan manfaat lebih dari hasil kerja kita.


Pastikan pelanggan dapat melihat NILAI LEBIH berbisnis dengan kita.


Hal yang pertama adalah pastikan hasil kerja kita berkwalitas dan selesai dengan cepat, ini akan membuat pelanggan PUAS dan rela membayar tagihan yang kita berikan.

Selain itu....

Ada hal sederhana yang dapat Anda berikan dan mungkin akan berbeda dengan kompetitor

Pada umumya bengkel mobil memberikan garansi pekerjaan selama 12 bulan atau 10.000 Km. (tergantung jenis pekerjaan yang dilakukan).

Karena Anda yakin dengan kwalitas pekerjaan yang telah dilakukan, maka tidak ada salahnya jika Anda memberikan garansi pekerjaan yang lebih panjang katakanlah  18 bulan sampai 24 bulan atau 20.000 Km.

Pelanggan akan sangat senang mendapatkan hal ini dan tidak akan merasa keberatan sekalipun harga yang dikeluarkan sedikit lebih mahal, karena merasa Anda bekerja dengan sangat profesional sehingga berani memberi garansi yang lebih lama dibandingkan bengkel yang lain.

CATATAN :
  • Pastikan bahwa pekerjaan yang dilakukan benar-benar berkwalitas sehingga mobil tidak akan mengalami kerusakan selama masa garansi, karena hal ini akan membuat kredibilitas Anda dipertaruhkan.
  • Jika benar-benar terjadi masalah pada masa garansi maka konsistenlah dengan apa yang sudah dijanjikan.

Selanjutnya ...........


Bangunlah hubungan yang baik dan tumbuhkan rasa percaya pelanggan kepada bengkel Anda.

Bagaimana caranya...??

Tunjukkanlah bahwa keberadaan Anda adalah untuk MENOLONG  pelangggan, Anda PEDULI terhadap masalah yang mereka hadapi dan dapat memberikan SOLUSI terbaik berhubungan dengan masalah yang pelanggan hadapi dengan mobilnya.


Anda harus lebih menunjukkan sikap konsultatif, jangan terlihat bahwa Anda hanya ingin menjual "sesuatu" kepada pelanggan. Sebagai seorang profesional Anda harus mampu memberikan penjelasan secara detail kepada pelanggan mengenai kondisi mobilnya dan apa saja langkah -langkah yang dapat dilakukan untuk mengatasi hal masalah tersebut.

Berikanlah pelanggan  pilihan-pilihan yang dapat diambil dan jelaskan secara detail untung ruginya pilihan tersebut, seperti :

Bisakah perbaikan ini ditunda, jika ditunda apa resikonya....? Jelaskan...!!!
Apakah sparepart harus diganti atau cukup diperbaiki saja...? Apa resikonya...? Jelaskan...!!!

Dan yang paling penting biarkan pelanggan yang mengambil keputusan berdasarkan opsi yang Anda berikan.

Dengan melakukan hal tersebut pelanggan akan merasa bahwa Anda tidak hanya mengincar uang mereka saja sehingga akan semakin menumbuhkan rasa percaya kepada bengkel.


Pada umumnya pelanggan tidak memahami apa yang Anda lakukan dengan mobilnya di bengkel, jadi buatlah mereka memahami bahwa apa yang Anda lakukan adalah untuk menolong mereka.

Tunjukkan kepedulian Anda kepada mobil pelanggan dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan seperti :

Bagaimana mobil digunakan sehari-hari...?

Untuk keperluan apa paling sering mobil digunakan..?

Bagaimana kondisi lalu lintas yang sering ditempuh...?

Seluruh pekerjaan yang berhubungan dengan perawatan atau perbaikan yang Anda lakukan harus berorientasi terhadap  kepada kepentingan pelanggan  dan apa yang menjadi prioritas mereka.

Pastikan pelanggan mengetahui bahwa Anda berusaha untuk melakukan perbaikan mobil mereka dengan biaya yang seefektif mungkin dan mengacu pada buget yang mereka punya.

Berikan kesan dan pesan yang paling utama adalah bahwa mobil mereka ditangani oleh orang yang tepat sehingga mereka tidak perlu khawatir.





Artikel Terkait

Previous
Next Post »