7 Kunci Mengelola Bengkel Otomotif Agar Sukses

Mempunyai usaha bengkel yang sukses bukan merupakan pekerjaan yang mudah seperti membalikkan telapak tangan, tidak ada jalan pintas menuju sebuah kesuksesan, semua memerlukan kerja keras dan inovasi tiada henti.

Banyak ilmu dan pengalaman yang diberikan oleh para ahli manajemen dan pengusaha sukses di berbagai bidang tentang bagaimana menata kelola sebuah perusahaan menjadi sukses. Ilmu dan pengalaman tersebut dapat diterapkan pada semua bidang usaha termasuk usaha bengkel otomotif.

Bengkel otomotif yang sukses bukan hanya sekedar menghasilkan uang yang banyak atau memiliki pelanggan yang banyak.


Bengkel otomotif
Bengkel otomotif

Berikut 7 tips yang dapat Anda ikuti untuk mengembangkan usaha bengkel otomotif  Anda.



#1 Nilai sikap yang positif  diatas segalanya

Kita hidup pada kultur masyarkat dimana pendidikan yang tinggi dianggap akan menjadi jaminan suskses bagi setiap individu dalam kehidupan, sehingga gelar kesarjanaan dianggap segalanya.

Tapi dalam kenyataan nilai-nilai sikap positif dan rasa cinta kepada pekerjaanlah yang akan membuat orang akan lebih sukses dari yang lainnya.

Teknisi otomotif dikenal sebagai individu yang mampu bekerja dibawah tekanan dan mempunyai minat akan bidang yang digelutinya, ini merupakan modal dasar untuk dapat mencapai kesuksesan.

Agar bisnis bengkel Anda sukses rekrutlah orang-orang yang mempunyai passion yang tinggi pada profesinya,  maka keuntungan akan segera mengikuti...



#2 Setiap pekerjaan yang dilakukan bersama-sama akan terasa lebih ringan

Jika orang-orang disekeliling Anda adalah orang-orang yang bersemangat dan mempunyai passion bekerja pada bidangnya maka akan lebih mudah untuk memimpinnya dalam rangka mencapai tujuan menuju kesuksesan yang telah dipahami bersama.

Apapun tujuan yang Anda ingin capai pastikan semua anggota team Anda mengetahui dan memahaminya serta merasa dilibatkan dalam usaha tersebut, maka Anda akan melihat bahwa passion yang dimiliki anggota team Anda akan membantu mencapai segala target yang dituju berdasarkan arahan Anda.


#3 Rekrut orang yang "lebih baik" dari Anda


Ada satu nasihat dari Jack Ma pendiri toko online raksasa Asia, Alibaba :

"Karyawan yang Anda rekrut harus mempunyai skill teknik yang lebih baik dari Anda, jika tidak berarti Anda telah merekrut orang yang salah". 

Pastikan setiap karyawan yang Anda rekrut dapat melakukan  apa yang Anda tidak dapat lakukan dengan lebih baik.

Jangan pernah merasa takut atau merasa terancam jika orang yang Anda rekrut memiliki skil yang jauh lebih baik dari Anda.

Berpikirlah setiap individu yang ada dalam team Anda merupakan rangkaian puzzle yang menyatu dibawah leadership Anda sebagai kunci yang melengkapi puzzle tersebut.


#4 Semangat dan ketekunan adalah sesuatu yang dapat menular

Mempunyai visi dan misi yang jelas merupakan kunci untuk memastikan bahwa setiap anggota team bekerja dengan tujuan yang sama.

Tunjukkan ketekunan Anda dalam mencapai visi dan misi Anda serta  pastikan semua anggota team mengetahu tujuan Anda,  bukan hanya sekedar mereka mengikuti kemauan Anda, namun ketekunan tersebut juga akan menular kepada mereka.

Katakan kepada anggota team Anda, suskses yang Anda raih adalah kesuksesan mereka juga.


#5 Hidup dengan cinta.

Uang memang merupakan tujuan hampir semua para pengusaha bengkel, namun walaupun uang sangat penting tapi itu tidak boleh menjadi penggerak utama Anda.

Membuat hidup lebih baik untuk diri anda sendiri dan bagi karyawan Anda yang terlibat pada usaha Anda dan menjadi lebih bahagia merupakan faktor pendorong yang akan selalu memberikan semangat. Hal  ini dapat menjadi kenyataan saat Anda mulai mencintai kehidupan yang Anda jalani.

Lakukan hal tersebut dan bukan hanya akan Anda memperbaiki cara berpikir Anda, tapi ini juga akan menular  kepada karyawan Anda.


#6 Hindari rasa "permusuhan" dengan kompetitor

Salah satu aspek yang paling umum dalam industri bengkel otomotif adalah persaingan bisnis yang sangat ketat.

Jangan pernah melihat kompetitor Anda sebagai musuh, sebaliknya anggap mereka sebagai partner yang dapat membantu Anda dalam mengembangkan usaha.

Mungkin layanan yang Anda berikan sama dengan yang diberikan oleh kompetitor, namun cara Anda berpikir dan cara Anda melayani bisa menjadi faktor pembeda antara Anda dengan kompetitor.

Pelajarilah hal-hal baik yang dilakukan oleh kompetitor-kompetitor  Anda dan kemudian lakukan dengan lebih baik lagi dari mereka.


#7 Tidak ada kegagalan yang ada adalah berhenti mencoba 

Terakhir namun tidak kalah penting, membangun usaha bengkel otomotif membutuhkan daya tahan yang kuat dan disertai passion yang kuat pada bidang otomotif agar dapat sukses.

Walaupun banyak hambatan yang akan ditemui jangan pernah menyerah  dan teruslah berusaha dengan penuh semangat. Kegagalan adalah hanya karena berhenti mencoba.

Hal penting yang harus diingat :

" Setiap pengalaman yang Anda punya akan sangat berguna menghadapi setiap rintangan yang ada selama Anda terus mau belajar dan tidak gampang menyerah" .


0 Response to "7 Kunci Mengelola Bengkel Otomotif Agar Sukses"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel