Tips Mengoperasikan Bengkel Mobil Secara Efektif

12:08 AM

Tips Berguna Untuk Mengoperasikan Bengkel Mobil Secara Efektif 

Pelanggan bengkel  mobil pada umumnya selalu berusaha mencari bengkel yang dapat dipercaya, sekali mereka mendapatkannya biasanya mereka enggan berpindah ke bengkel lain. Jadi para pengusaha bengkel harus memastikan dirinya atau bengkelnya memang pantas untuk dipercaya.


Tips Mengoperasikan Bengkel Mobil Secara Efektif
Bengkel mobil


Tips Meningkatkan Efektivitas Bengkel Untuk Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan



Menghindari Terjadinya Keluar Masuk Karyawan.

Memberikan hasil pekerjaan yang berkwalitas dan dapat diandalkan merupakan hal yang sangat penting bagi bengkel mobil. Hal ini akan sangat sulit dicapai jika tingkat keluar masuk karyawan, khususnya teknisi sangat tinggi.

Dengan tingkat keluar masuk karyawan yang terlalu sering maka tentu saja bengkel harus menyediakan waktu bagi teknisi baru untuk belajar agar dapat bekerja secara mandiri.

Hal ini dapat dihindari atau diperkecil dengan cara memberikan perlakuan yang baik pada karyawan, memberikan gaji yang layak dan beberapa fasilitas tambahan seperti asuransi kesehatan dll. Hal ini memang terdengar klise, namun di dunia profesional berlaku istilah "Ada rupa, ada harga.

Jadi jika ingin mendapatkan tenaga teknisi yang berkwalitas dan mau bertahan lama maka berilah penghasilan yang pantas.


Bagi pelanggan hal ini sangat besar dampaknya , mereka akan merasa nyaman jika menemui teknisi yang sama saat berkunjung ke bengkel,akan sangat sulit untuk memperoleh kepercayaan pelanggan jika mereka selalu melihat atau menemui teknisi yang berbeda setiap mereka datang ke bengkel.



Memberikan Garansi Pada Setiap Pekerjaan 

Untuk meyakinkan pelanggan bahwa kwalitas pekerjaan bengkel dapat dipertanggungjawabkan maka sudah selaykanya Anda memberikan garansi pada setiap pekerjaan yang dilakukan bengkel, ini juga sebagai bukti bahwa bengkel sendiri yakin dengan kwalitas pekerjaannhya sehingga berani memberikan garansi.

Pelanggan akan merasa bahwa bengkel tersebut bekerja secara profesional, dan yakin setiap perbaikan yang dilakukan pasti tuntas sehingga mereka tidak perlu kembali ke bengkel dengan problem yang sama.

Dengan kwalitas pekerjaan yang baik para pelanggan dengan sendirinya akan enggan berpindah ke bengkel yang lain.

Membuat Display Yang Menunjukkan Komitmen Pelayanan Bengkel

Tingkat kepercayaan pemilik mobil terhadap layanan bengkel mobil atau mekanik masih sangat rendah. Kebanyakan pemilik mobil akan selalu dalam kondisi curiga jika pertama kali masuk ke bengkel, oleh karena itu sangat perlu untuk menegaskan komitmen pelayanan bengkel dalam bentuk tampilan yang dapat dilihat oleh pelanggan.



Tips Mengoperasikan Bengkel Mobil Secara Efektif
Contoh Banner Komitmen Pelayanan



Buatlah pernyataan atau komitmen yang menjelaskan bahwa Anda mengutamakan kejujuran dan dapat dipercaya, nyatakan bahwa Anda memberikan layanan yang dapat dipercaya  dan tidak akan mencurangi pelanggan.

Bengkel hanya akan melakukan perbaikan yang dibutuhkan kendaraan dan tidak berusaha mencari-cari hal yang sebenarnya tidak diperlukan.

Buatlah pernyataan ini dalam berbagai media seperti banner, running text atau display monitor  dan dapat dilihat oleh pelanggan.


Memberikan Apresiasi Kepada Pelanggan Setia.


Buat pelanggan  yang sering datang ke bengkel merasa dihargai karena telah menjadi pelanggan yang loyal.
Apresiasi dapat ditunjukkan dengan beberapa cara,  seperti : memberikan kupon untuk diskon ongkos jasa dan harga sparepart, atau dengan memberikan  penggantian oli gratis untuk periode waktu tertentu.

Mungkin akan terasa rugi dalam segi pendapatan pada awalnya, namun untuk jangka panjang hal ini akan sangat berguna untuk mempertahankan pelanggan bengkel  yang akan memberikan keuntungan juga nantinya. Selain itu pelanggan yang loyal tentu saja akan memberikan referensi tentang bengkel Anda kepada keluarga dan rekan-rekannya.

Memanfaatkan aplikasi penjadwalan servis

Kendaraan bermotor yang selalu dalam keadaan sehat dan berfungsi merupakan keinginan semuapemilik kendaraan. Hal yang sangat tidakdiinginkan adalah ketika masuk ke bengkel tidak segera dapat ditangani karena bengkel sedang dalam keadaan penuh atau kendaraan harus menginap.

Dengan menggunakan aplikasi penjadwalan servis akan menguragi terjadinya penumpukan pelanggan pada satu waktu yang akan menghemat waktu dan memberikan pelayanan yang konsisten dan handal



Artikel Terkait

Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar
April 23, 2018 at 8:02 PM delete

Sangat membantu tips dan trik nya ,harus lebih banyak belajar ,thank

Reply
avatar