Prinsip Dasar Sistem AC

3:49 AM
High pressure side
Gas R134a dengan tekanan rendah masuk ke compressor dan ditekan sehingga berubah menjadi gas dengan tekanan dan temperature tinggi. 
Gas ini kemudian bersirkulasi bersama oli menuju ke kondensor , panas yang diserap oleh refrigerant  kemudian dilepaskan oleh udara luar yang mengenai kondensor dan merubah gas refrigerant  menjadi bentuk cair.
Prinsip dasar AC
Prinsip dasar AC


Cairan dengan tekanan dan temperature tinggi ini kemudian bergerak menuju filter drier ke expansion valve yang memiliki lubang  yang kecil yang memberikan tahanan aliran cairan refrigerant yang di pompa oleh kompresor.

Low pressure side
Hisapan dari kompresor menarik cairan refrigerant  yang bertekanan dan temperature tinggi tersebut melalui lubang kecil dari orifice expansion valve menuju sisi tekanan rendah dari system Ac .
Gas R134a kini menjadi gas dengan temperature dan tekanan rendah yang kemudian menyerap panas ruang kabin yang dihembuskan ke permukaan evaporator. 
Gas R 134a kemudian di dorong melalui evaporator menuju kompresor.  Siklus Ac kemudian berulang dimana Gas R134a di kompresikan dan  dikeluarkan dibawah tekanan.

Perpindahan Panas
R134a pada sisi LOW – Pressure dalam keadaan DINGIN dan dapat menyerap panas dari udara yang mengalir melalui evaporator.
R134a pada sisi High Pressure dalam keadaan PANAS, dan udara luar yang lebih dingin yang bergerak melalui kondensor kemudian menyerap panas tersebut

Kesimpulan:
Saat tekanan R134a bertekanan rendah , temperature R 134a rendah
Saat tekanan R134a bertekanan tinggi, temperature R134a Tinggi. 
Thermal, expansion Block Valve , kondensor dan evaporator type serpentine

Kompresor 
Refigerant bertekanan rendah masuk kedalam kompresor kemudian dikompresikan menjadi gas dengan tekanan dan temperature tinggi.

Kondensor type serpentine
Kondensor berfungsi sebagai pelepas panas dari refrigerant ke udara luar yang lebih dingin. Saat refrigerant gas dengan tekanan dan temperature tinggi mengalir melalui kondensor, panas dilepaskan keudara luar yang dingin dan merubah refrigerant dari bentuk gas menjadi cair.

Drier
Berfungsi untuk menyaring kotoran dan menyerap uap air

Evaporator type serpentine
Refrigerant masuk ke evaporator dalam bentuk cairan bertekanan rendah. Saat refrigerant melalui evaporator, panas dari udara kabin akan berpindah ke refrigerant yang dingin, kemudian udara yang sudah dingin disirkulasikan kembali keruang kabin oleh motor blower



Artikel Terkait

Previous
Next Post »