Komponen Sistem AC : Kondensor

3:55 AM
Kondensor berfungsi sebagai pelepas panas dari refrigerant yang temperaturnya panas  ke udara luar yang temperaturnya lebih dingin.


Kondensor
Kondensor

Kondensor tipe serpentine 

Kondensor type ini terdiri dari satu buah pipa yang panjang dan ditekuk secara zig –zag diantara sirip-sirip pendingin.

Refrigerant R134a masuk ke dalam kondensor dalam bentuk gas dengan tekanan dan temperatur tinggi. Saat refrigerant mengalir di dalam pipa – pipa kondensor maka panas yang berada pada refrigerant dilepaskan ke udara luar,gas refrigerant akan berubah bentuk menjadi bentuk cair ( kondensasi ).

Pada saat ini panas dengan jumlah yang besar dilepaskan dari refrigerant, refrigerant sekarang menjadi dingin ( cairan bertekanan tinggi )


Kondensor tipe Parallel Flow Design ( direkomendasikan untuk R134a ).

Design kondensor ini serupa dengan desain radiator, dimana refrigerant mengalir melalui banyak saluran . Hal ini akan memberikan bidang kontak yang besar dengan udara luar sehingga mempercepat proses kondensasi.


Perbandingan antara R134a dan R12

Karena R134a beroperasi pada tekanan tiggi  maka membutuhkan tipe kondensor dengan tingkat tahanan aliran dan tingkat pelepasan panas yang lebih baik.
Kebanyakan pabrikan menggunakan type parallel flow desain, karena 25 % lebih efisien dari kondensor tipe serpentine.


Foam Seal 

Foam seal yang terletak diantara kondensor dan radiator berfungsi untuk mencegah udara luar yang panas keluar melalui bagian atas , bawah atau dari bagian sisi antara radiataor dan kondensor ( biasanya sebesar 25 mm )

Saat udara luar di hisap melalui kondensor oleh kipas kondensor maupun kipas radiator, maka temperaturnya akan meningkat, jika terdapat celah antara kondensor dan radiator maka udara yang panas tersebut dapat bersirkulasi kembali melalui kondensor, hal ini dapat mengakibatkan kenaikan temperatur kondensor dan menurunkan performa sistem AC.

Fan Condensor

Electric fan berfungsi untuk  mengalirkan udara melalui kondensor ( baik mendorong dan menghisap tergantung di sisi mana kondensor dipasang) 
Mayoritas kendaraan yang menggunakan refrigerant  R134a membutuhkan tambahan condenser fan karena system R134a bekerja dengan tekanan tinggi, dan juga mobil – mobil modern mempunyai grill bumper yang lebih kecil  yang meyebabkan aliran udara yang menuju ke kondensor lebih sedikit.


Basic Circuit

Electric fan bekerja dengan AC  berhubungan dengan beberapa cara :
Medium pressure switch
Hubungan tidak langsung ke magnetic clutch
Melalui ECM
Sinyal yang berasal dari pengaktifan switch AC

Artikel Terkait

Previous
Next Post »