Mekanisme Rem Parkir

Mekanisme Rem Parkir

Sistem rem parkir merupakan system rem tambahan yang berguna menahan kendaraan pada posisi parkir. Rem parkir dipasang secara independent pada system rem. Karena tidak adanya gaya inertia, tenaga pengereman yang dibutuhkan untuk menahan mobil tetap diam lebih kecil, dan tenaga untuk mengoperasikannya juga lebih kecil.
Penerapan rem parkir biasanya hanya pada dua roda  dari kendaraan untuk menahan kendaraan.

Ada tiga jenis system rem parkir. 2 jenis menggunakan service brake dan satu jenis lagi desain system rem parkir exclusive.
Tipe service brake menggunakan bagian system rem mekanis biasa yang menggerakkan brake shoe atau piston rem secara mekanik.

Tuas rem parkir terletak dekat dengan kursi pengemudi, dioperasikan dengan menarik tuas rem dengan tangan atau menekan pedal rem dengan kaki. Mengoerasikan rem melalui kabel yang dihubungkan ke tuas rem parkir.

Ada beberapa jenis tuas rem parkir seperti diperlihatkan pada gambar,aplikasi nya tergantung desain kursi pengemudi dan usaha pengopersian yang diinginkan.
 Tuas rem parkir menggunakan mekanisme roda gigi searah ( ratchet ) untuk mempertahankan posisi tuas rem parkir selama dioperasikan, sampai dilepaskan kembali.
Beberapa tuas rem parkir memiliki mur penyetel dekat dengan tuas rem parkir ,sehingga jarak main tuas rem parkir dapat disetel dengan mudah. Jarak main tuas rem parkir ditentukan oleh jumlah klik dari mekanisme ratchet yang terdapat pada repair manual.


Parking Brake Linkage.

Kabel rem parkir meneruskan pergerakan tuas rem parkir melalui beberapa rangkaian komponen ke unit rem tromol seperti terlihat pada gambar.

Intermediate lever menambahkan tenaga pengereman ke Equalizer.
Equalizer membagi tenaga pengereman ke unit rem pada kedua roda. 
Dua komponen utama tersebut dapat berbeda – beda dalam desain, namun pada prinsipnya mempunyai fungsi yang sama.

Drum Parking Brake 

Pada semua model yang menggunakan rem tromol pada bagian belakang, kabel akan menarik parking brake lever, lever yang ditautkan ke bagian atas secondary brake shoe dan meneruskan gerakan lever ke primary brake shoe melalui shoe strut. Ketika dilepaskan, pegas brake shoe return spring akan menarik brake shoe kembali keposisi awal


Disc Parking Brake

Terdapat dua jenis sistem rem parkir belakang yang menggunakan brake disc.
Yang pertama menggunakan brake caliper assembly yang secara mekanis memberikan tekanan ke rotor disc.

Type yang ke dua adalah exclusive drum brake assembly yang memberikan tekanan pengereman ke bagian dalam dari tromol yang merupakan bagian dari rotor disc.

Caliper parking brake

Rem parkir di pasang pada caliper housing dan dilengkapi dengan mekanisme penyetelan otomatis untuk mengimbangi pergerakan piston sehubungan dengan kausan dari brake pad.

Automatic Adjusting Mechanism

Mekanisme penyetelan otomatis menjaga celah kerja antara brake pad dengan disc rotor ketika brake pad semakin tipis karena pemakaian.
Komponen utama yang memungkinkan hal ini dapat terjadi adalah Sleeve Nut dan Adjusting Bolt.
Sleeve Nut ditahan oleh clutch spring yang hanya mengizinkan sleeve nut berputar satu arah.diameter clutch spring sedikit lebih kecil daripada diameter sleeve unit dan mengizinkan berputar ke satu arah saja. Posisi Clutch spring dipertahankan dengan menautkan salah satu ujungnya ke piston.

Ketika pedal rem diinjak ,tekanan hydraulis mendorong piston bergerak kekiri. Pergerakan dari piston kemudian memberikan tekanan pada Thrust Plate dan  Thrust bearing terhadap Sleeve Nut dan membuatnya berputar keluar dari posisi stasioner adjusting bolt.
Sleeve Nut dapat dengan mudah berputar karena clutch spring tidak terikat ( unwind) sehingga tidak menghalangi sleeve nut untuk berputar.
Jarak dimana sleeve nut keluar dari adjustingbolt sama dengan besarnya keausan brake pad.


Padas piston head terdapat dua ceruk ,yang dihubungkan dengan tonjolan yang terdapat pada bagian belakang brake pad.
Pin ini mencegah piston di putar oleh automatic adjuster.
Adjusting bolt stopper mencegah adjusting bolt berputar.
Satu – satunya komponen yang boleh berputar adalah sleeve nut

Rear caliper pad replacement
Ketika brakepad diganti, piston dan sleeve nut harus diputar masuk kedalam cylinder dengan SST ( SST 09719-00020 )

Setelah penggantian brake pad , penyetelan jarak main tuas rem parkir harus dilakukan. Tekan pedal rem beberapakali untuk mengaktifkan automatic adjustment didalam caliper, lalu setel kabel untuk mendapatkan jumlah klik yang tepat pada tuas rem parkir.


Parking Brake Operation

Ketika rem parkir difungsikan, kabel yang ditautkan ke tuas rem parkir memutar crank lever berlawanan arah jarum jam. Kemudian crank pin mendorong strut kearah kiri, strut menggerakkan adjusting bolt, sleeve nut dan piston kearah kiri, saat strut bergerak kekiri, sekaligus mendorong adjusting bolt return spring. Unit caliper bergerak sampai brake pad menekan rotor disc.

Saat tuas rem parkir dilepaskan , return spring yang tadi tertekan mendorong adjusting bolt dan piston kembali ke posisi sebelumnya, hasilnya rem parkir dibebaskan.

Selama opersi ini , clutch spring menghalangi perputaran dari sleevenut sehingga tenaga dari tuas rem parkir dipindahkan ke piston melalui adjusting bolt.


Exclusive Parking Brake 

Exclusive parking brake dapat ditemukan pada Toyota Land Cruiser, Supra , Celica, Previa dan Camry.seperti ditunjukkan pada gambar , rem tromol disatukan dengan rotor disc. Brake Shoe dan komponen yang lain sama dengan tipe rem tromol konvensional namun lebih kecil dan tidak ada wheel cylinder

Pengoperasian rem parkir ini sama dengan pengoperasian rem tromol konvensional. Penyetelan exclusive parking brake dilakukan secara manual pada Brake shoe adjusting screw set ( star wheel ) dan harus dilakukan secara berkala.


0 Response to "Mekanisme Rem Parkir"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel