Perawatan Berkala Atau Perbaikan...???

10:00 AM
Sebuah penelitian yang dilakukan oleh JD.Power mengungkapkan fakta bahwa daya tahan kendaraan saat ini sudah semakin baik.
Penelitian rutin yang dilakukan setiap tahun tersebut mensurvei sekitar 31.000 pemilik mobil dengan usia maksimum 3 tahun.

Dalam menentukan tingkat daya tahan secara keseluruhan, Peneliti mendata kerusakan yang dialami per 100 kendaraan (PP100) selama periode 1 tahun. Semakin rendah nilainya berarti daya tahan kendaraan semakin baik.

Pada akhir penelitian terungkap bahwa daya tahan kendaraan semakin meningkat dari tahun ke tahun. seiring pesatnya kemajuan teknologi otomotif.


Perawatan Berkala Atau Perbaikan...???
Perawatan Berkala Atau Perbaikan...???


Berita ini merupakan sesuatu yang sangat baik untuk konsumen dan produsen mobil, namun tidak begitu halnya dengan industri bengkel.

Industri bengkel menangkap sinyal  peningkatan daya tahan kendaraan merupakan peringatan untuk merubah tata kelola bengkel pada beberapa tahun  kedepan.

Walaupun tingkat kerusakan mobil semakin rendah, namun pemilik bengkel masih mengharapkan unit yang masuk ke bengkel semakin banyak.
Untuk mencapai unit entry yang tinggi maka dibutuihkan usaha dan alasan yang jelas  agar pelanggan datang ke bengkel.

Bengkel harus kreatif dalam berinovasi dan memanfaatkan segala kemajuan teknologi agar mampu mendatangkan pelanggan sebanyak mungkin ke bengkel, namun yang paling penting bengkel harus merubah fokus pelayanannya ke perawatan berkala.


Setiap kendaraan atau mesin baik yang dibuat pada masa lalu, saat ini atau pada masa yang akan datang pasti memerlukan perawatan berkala, hal tersebut akan terus ada walaupun kerusakan mobil semakin jarang.

Mendatangkan pelanggan untuk melakukan perawatan berkala secara teratur ke bengkel mungkin suatu tantangan, namun ada beberapa cara yang dapat dilakukan :



Promosi. 

Lakukan promosi pemeriksaan gratis, apakah promosinya pada item-item tertentu saja seperti pemeriksaan rem, kopling dll atau pemeriksaan secara keseluruhan kendaraan, hal ini merupakan cara yang baik menarik pelanggan datang ke bengkel.

Ada dua hal yang didapat dari langkah promosi ini

Pertama
Anda dapat memberikan kesan yang baik kepada pelanggan dengan memberikan pemeriksaan gratis

Kedua
Anda mungkin berkesempatan menemukan kerusakan seperti kanvas rem yang sudah tipis dll.

Anda mungkin tidak akan mendapatkan uang secara langsung dari pemeriksaan tersebut, namun dengan datangnya pelanggan ke bengkel terbuka peluang untuk menciptakan hubungan dan membangun kepercayaan pelanggan yang dapat berujung kepada terciptanya transaksi.

Melakukan promosi sekitar perawatan berkala juga sangat penting, Pelanggan akan datang dengan sendirinya ke bengkel saat mobiknya mengalami kerusakan, namun tidak akan pernah berpikir melakukan perawatan berkala saat mobilnya dalam kondisi baik-baik saja.


Berikan layanan yang bervariasi.

Jika selama ini bengkel Anda hanya melayani jasa perbaikan saja, mungkin sudah saatnya untuk berpikir menambah layanan yang lain seperti pemasangan aksesoris dll.

Mobil keluaran terbaru saat ini dengan daya tahan yang baik dan jarang rusak menerapkan teknologi canggih di dalamnya. Untuk memperbaiki mobil seperti ini dibutuhkan pengetahuan dan pengalaman yang tinggi, sehingga tidak semua orang berani dan mampu memasang aksesoris tambahan pada mobil tersebut. Peluang inilah yang harus ditangkap oleh para pemilik bengkel jika ingin meningkatkan jumlah pelanggannya.

Dengan melakukan layanan pemasangan dan perbaikan aksesoris mobil seperti sistem audio, GPS akan dapat meningkatkan keuntungan bengkel.


Bersikap proaktif

Secanggih apapun mobil, pasti ada komponen-komponen yang akan tetap aus dan rusak seperti kanvas rem, kopling atau ban.

Bersikaplah proaktif saat mobil sudah masuk ke bengkel, eriksa komponen-komponen yang mungkin sudah tipis atau aus dan beritahu kepada pelanggan tentang pentingnya melakuakn perawatan berkala secara teratur.


Sama halnya saat kita pergi berobat ke dokter, jika kita ke doktre untuk mengeluhkan bahu yang terkilir sehabis berolahraga, dokter akan tetap melakukan pemeriksaan detak jantung, tekanan darah dll. Karena itu adalah standard kerja seorang dokter.

Hal yang sama berlaku untuk bengkel. Anda harus melakukan pemeriksaan secara menyeluruh dan seksama dan menginformasikannya  kepada pelanggan setiap hal yang ditemukan dan merubahnya menjadi transaksi bisnis.



Artikel Terkait

Previous
Next Post »